Kehebatan Sedekah Subuh

BADANWAKAF.COM, Kehebatan Sedekah Subuh

Sahabat Bawais pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata sedekah. Yup! Sedekah sendiri bertujuan untuk membersihkan harta, serta dapat melipatgandakan harta atau rezeki. Jika yang mengamalkan mendapat pahala, dan bagi yang tidak mengerjakan tidak mendapat dosa.

[ Baca Artikel : Penyerahan Al Quran Braille Untuk Siswa Tunanetra SLB Negeri Ciamis ]

Sedekah pun dapat dilakukan kapan dan dimanapun berada, alias tidak mengenal waktu dan tempat. Nah Sedekah subuh adalah dimana saat yang tepat untuk kita bersedekah, karena saat itu akan ada dua malaikat yang mendoakan kita.  Dari sekian banyak waktu untuk bersedekah, waktu yang paling istimewa yaitu di waktu subuh.

Keutamaan sedekah subuh ini terdapat dalam hadis berikut:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Makna dalam hadits diatas yaitu, setiap subuh akan ada malaikat yang mendoakan kita agar rezeki kita terus mengalir dan lancar. Namun, malaikat satu nya lagi mendoakan agar kita miskin sebab kita enggan untuk mengeluarkan sedekah.

Bagaimana cara melaksanakan sedekah subuh?

Jika yang menunaikan solat subuh di masjid, dapat selalu istiqomah untuk mengisi kotak amal di masjid tersebut. Tidak memandang seberapa banyak atau sedikit yang kita sedekahkan, namun di lihat dari keistiqomahannya. Sebab itu yang terbaik di sisi Allah SWT. Ketika kita niat dan sungguh-sungguh dalam meminta, Allah SWT pasti akan kabulkan. Niatkan dengan khusyuk ketika kita ingin bersedekah.

[ Lihat Juga Artikel : Wakaf Quran Dan Kacamata Baca untuk Lansia Telah Tersalurkan! ]

Tahukah Sahabat Bawais? Sedekah di waktu subuh ini berbeda dengan waktu lainnya. Sebab, ketika kita sedang bersedekah untuk mendapatkan ridho-Nya, sebagian orang masih terlelap. Dan malaikat langsung menyampaikan doa kita kepada Allah SWT. Sedekah pun tidak hanya berupa uang, namun dapat dilakukan dengan berdzikir, berbagi makanan, mengajar ngaji serta berbuat kebaikan untuk orang lain.

Mari bersama-sama kita mulai untuk sedekah subuh! Walau sedikit, namun cobalah untuk tetap istiqomah. Semoga Allah SWT senantiasa menjawab semua doa-doa kita semua ya, Sahabat. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin..

[ Kunjungi Rekomendasi, Ya Sahabat : Jual Al Quran ]

Scroll to Top