Tiba di Bali, Tim Sebar Wakaf Quran Al Hilal Distribusikan Ratusan Dus Mushaf Quran di Dua Titik Kumpul

Tiba di Bali, Tim Sebar Wakaf Quran Distribusikan Ratusan Dus Mushaf Quran di Dua Titik Kumpul

Badan Wakaf Islam (BAWAIS) melaporkan. Terhitung sejak Rabu, 19 Juli 2023 yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1445 Hijriyah, lebih dari 150 Dus berisi Al Quran, Iqra dan Buku-buku Islam yang diwakafkan oleh para donatur dan para pewakif setia Bawais telah berhasil didistribusikan kepada ribuan jamaah dan santri di ratusan Pesantren, Rumah Quran, Masjid dan Lembaga Islam lainnya di Jawa Timur dan Pulau Bali.

Tiba di Bali, Tim Sebar Wakaf Quran Al Hilal Distribusikan Ratusan Dus Mushaf Quran di Dua Titik Kumpul

Alhamdulillah, sejauh ini program Sebar Wakaf Quran telah berhasil menjangkau berbagai wilayah pelosok desa dan pedalaman di Indonesia. Bahkan tahun lalu, Badan Wakaf Islam (BAWAIS) pun berhasil menyalurkan Ratusan Ribu Wakaf Al Quran, Iqra dan Buku Islam di Pulau Sumatera hingga Aceh dan membawa manfaat besar serta membuka jalan menuju ilmu dan keberkahan bagi saudara muslim di pedalaman.

Setelah menempuh perjalanan sambil menyisir wilayah di Jawa Timur selama kurang lebih 3 hari, Jum’at 21 Juli 2023 malam hari setelah menyebrang dari Pelabuhan Ketapang tim tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Bali dan mengawali misi mulianya di Bali pada Sabtu 22 Juli 2023.

Membuka misi mulianya di Bali, tim dibantu dengan 2 armada dan 1 truk pengangkut telah berhasil mendistribusikan 75 Dus berisi Wakaf Al Quran, Iqra dan Buku Islam di Titik Kumpul Pertama yang terletak di Kabupaten Buleleng, tepatnya di:

  • Pondok Pesantren Syamsul Huda Sumberkima, Dusun Sumber Pao, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.
Tiba di Bali, Tim Sebar Wakaf Quran Distribusikan Ratusan Dus Mushaf Quran di Dua Titik Kumpul

Masing-masing dus biasanya berisi 40-50 Al Quran, Iqra dan Buku Islam. Masing-masing perwakilan lembaga di titik kumpul menerima 1-2 dus untuk disalurkan kembali ke Lembaga Islam yang membutuhkan Al Quran gratis.

Selanjutnya, tim kembali menyisir wilayah pedalaman Bali tim pun menyempatkan diri bersilaturahmi dan kembali mendistribusikan Wakaf Al Quran, Iqra dan Buku Islam. Terhitung sebanyak 9 Dus telah diserahkan kepada santri dan pengurus di:

  • Pesantren Thariqul Mahfudz, Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali (5)
  • Pesantren Al-Karomah Melaya, Jalan Raya Pantai Cupel, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali (4)

Perjalanan pun tak berhenti di sini saja, tengah hari tim pun tiba di Titik Kumpul Kedua di:

  • Yayasan Pendidikan dan Pesantren Al-Mustaqim Negara, Jalan Udayana 333, Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali
Tiba di Bali, Tim Sebar Wakaf Quran Distribusikan Ratusan Dus Mushaf Quran di Dua Titik Kumpul

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada laporan mengenai berapa banyak Wakaf Al Quran, Iqra dan Buku Islam yang berhasil didistribusikan kepada para penerima manfaat yang mewakili sejumlah Lembaga Islam di Kabupaten Jembrana. Namun, dapat dipastikan bahwa jumlah dus yang didistribusikan dapat mencapai 70 dus atau bahkan lebih dari itu.

Perlu Sahabat ketahui bahwa setiap salinan Al Quran yang diwakafkan adalah hasil dari donasi para donatur Bawais, dan kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas dukungan yang diberikan. Berkat kepedulian dan donasi mereka, setiap Al Quran yang terwakaf telah menemukan tempatnya di berbagai lembaga pendidikan, pusat keagamaan, dan lembaga islam lainnya.

“Semoga dengan datangnya wakaf ini, kami yang ada di Kabupaten Jembrana, di Bali, lebih bisa mencintai Al Quran seperti yang dicita-citakan oleh pewakif Al Quran ini, dan semoga para pewakif dan semua lembaga yang ada di Bawais diberikan keberkahan oleh Allah SWT, Aamiin,” ujar salah satu penerima manfaat di Pesantren Al-Mustaqim Negara.

Program ini bertujuan untuk memberikan akses lebih luas bagi masyarakat untuk mempelajari Al Quran dan merenungkan maknanya. Dengan adanya Wakaf Al Quran ini, diharapkan akan terbentuk lingkungan yang lebih berdaya dan penuh dengan keberkahan.

Penyebaran wakaf Al Quran juga menjadi tonggak bersejarah bagi Badan Wakaf Islam (BAWAIS) dalam upaya mencapai misi kemanusiaan dan pendidikan serta syiar Islam yang inklusif. Melalui program ini, kami berharap dapat melanjutkan upaya berkelanjutan dalam menerangi kehidupan dan memberdayakan masyarakat.

Scroll to Top