Suasana Para Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menghafal Quran

Suasana Para Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menghafal Quran

BADANWAKAF.COM, Suasana Para Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menghafal Quran

Alhamdulillah kegiatan belajar dan mengaji para Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong kembali dilaksanakan. Pada Selasa (06/12/2022), kelompok tahsin intensif ‘Alaa dan Tahfidz pun diuji bacaan tahsin dan hafalannya oleh Asatidz di Pondok. Setelah sebelumnya para santri mempelajari huruf dan harokat di kelas intensif Ulaa, kini mereka pun mengawali pekan dengan kegiatan belajar dan menghafal Al Quran,  serta diuji oleh asatidznya. Tingkat ‘Alaa (Pendidikan Tingkat Lanjut) merupakan tingkatan setelah tingkat Ulaa.

[ Baca Artikel Lainnya : Infografis Penyaluran Badan Wakaf Islam Periode November 2022 ]

Masih ingatkah Sahabat Bawais mengenai pengertian tahsin? Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Satu riwayat dari sabda Rasulullah SAW menjelaskan, orang yang mahir atau menguasai bacaan Al Quran dengan baik akan dibersamai oleh malaikat saat mereka membaca Al Quran. Dari Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Orang yang mahir membaca (dan menghafal) Al Quran, (dia berada) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Orang yang membaca Al Quran dengan terbata-bata lagi sulit (dalam membacanya mendapatkan dua pahalanya,” (HR Muslim).

[ Lihat Juga Artikel : Peduli Gempa Cianjur Bersama Komunitas Sahabat Al Hilal Se-Jawa Barat ]

Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya. Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadis sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran. Sedangkan Tahfizh berasal dari bahasa arab dengan akar kata ha fa zha حفظ yang mempunyai arti menghafal, menjaga, memelihara. Tahfizhul Quran memiiki makna proses penghafaan al quran. orang yang menghafal al-qur’an disebut dengan hafizh.

Masya Allah Tabarakallah, para santri sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan demi kegiatan di Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. Diikuti oleh Kelompok Tahsin Intensif ‘Alaa, Insya Allah kegiatan yang senantiasa dilaksanakan ini akan mendatangkan pahala untuk para santri serta asatidz di pondok. Semoga mereka yang mengikuti Kelas Tahsin Intensif ‘Alaa ini dapat mengaplikasikan materi yang telah diterima dengan baik dan benar. Dan tentunya, ilmu yang mereka dapatkan pun dapat diamalkan dengan baik oleh mereka kepada masyarakat sekitar dan keluarga tercinta.

Aamiin ya rabbal ‘alaamiin..

[ Kunjungi Rekomendasi : Penerbit Al Quran ]

Scroll to Top