Suasana Baru Kegiatan Belajar Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru

Suasana Baru Kegiatan Belajar Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru

WAKAF QURAN, Suasana Baru Kegiatan Belajar Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru — Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru terasa lebih nyaman dan menyenangkan nih, sahabat!

Lihat Rekomendasi : Penerbit Al Quran

Dilaksanakan langsung di tempat mengaji sementara, pada Kamis (01/06/2023) bersama Ustazah Hilwa, Ustaz Ilham dan Ustaz Hafidz, kegiatan belajar yang dimulai dengan menggambar hewan dan tumbuhan, doa sehari-hari, tahsin dan makharijul huruf, hingga hafalan surat pilihan pun telah dilaksanakan adik-adik kita di kelasnya masing-masing.

Untuk menambah variasi serta semangat para santri, Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun memulai kegiatan belajar mengajar dan mengajinya dengan menggambar hewan dan tumbuhan! Hal tersebut dapat memberikan dampak positif serta meningkatnya kreativitas para santri, Masya Allah!

Dilanjutkan dengan kegiatan tahsin, Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya. Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadits sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran.

Dengan melaksanakan tahsin, para santri berarti telah berusaha untuk memperbagus bacaan Al Quran. Insya Allah, semakin hari akan semakin baik dan indah dalam membaca Al Quran! tak hanya memperindah bacaan Al Quran dengan melaksanakan tahsin, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun mengulang kembali hafalan sebelumnya hingga jumlah hafalannya pun bertambah. Alhamdulillah, setiap harinya para santri menambah hafalan Al Qurannya sedikit demi sedikit.

Tahukah Sahabat Al Hilal? Tujuan mempelajari Mahkorijul Huruf yaitu agar seseorang bisa membaca huruf hijaiyah pada Al Quran dengan baik dan benar sehingga maknanya tidak meleset atau keliru. Terdapat banyak kata-kata dalam bahasa arab yang apabila keliru membacanya maka keliru pula makna yang dimaksudkan. Maka dari itu, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun amat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajar makhrijul huruf.   

Hingga petang pun tiba, para santri tak langsung pulang, mereka juga melaksanakan kegiatan Doa dan Dzikir Akbar Bersama Santri Yatim dan Penghafal Al Quran se-Jawa Barat, loh! Dimoderatori oleh Nafisah, salah satu dari staff Markom LAZISWAF Pesantren Al Hilal, dan diisi oleh Ustaz Arif Rahman Hakim, acara Doa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Penghafal Quran di 8 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal telah dilaksanakan dengan baik tanpa adanya kendala apapun. Dan acara berlangsung dengan hikmat serta para peserta pun sangat antusias untuk mengikuti acara yang rutin diselenggarakan ini.   

Scroll to Top