Waktunya Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menulis Ayat Suci Al Quran!

Waktunya Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menulis Ayat Suci Al Quran!

BADANWAKAF.COM, Waktunya Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Menulis Ayat Suci Al Quran!

Orang tua merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya. Pendidikan yang diajarkan orang tua tidak hanya ilmu umum seperti hitung-hitungan, tetapi ilmu agama juga amatlah penting. Pesantren Al Hilal 1 hingga 8 dipercaya oleh para orangtua serta wali santri untuk senantiasa mendidik putra putrinya agar dapat memahami ilmu agama.

Tentunya, membaca dan menghafal Al Quran telah menjadi kegiatan rutin utama yang senantiasa di laksanakan. Selain membaca dan menghafal Al Quran, para santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong juga melaksanakan kegiatan menulis Ayat-ayat Al Quran.

Pada Senin (26/09/2022), kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan semestinya. Para santri pun sangat bersemangat dalam menulis Ayat-ayat Al Quran. Pada pembelajaran kali ini, Surat As Sajadah menjadi surat yang telah ditulis oleh para santri.

[ Baca Rekomendasi Bagi Anda : Penerbit Alquran ]

Tahukah Sahabat Bawais? Maidir Harun dan Dasrizal mengatakan bahwa untuk mencapai tingkatan prestasi belajar membaca serta menulis Al-Qur’an ada aspek-aspek yg meliputinya.

Aspek-aspek tadi mencakup:

  • faktor dari luar, terdiri dari lingkungan alami dan  sosial serta lingkungan instrumental yg terdiri dari kurikulum, acara, saranan dan  prasarana serta guru.
  • faktor dari dalam, terdiri asal faktor fisiologis umum  dan  panca indera. Faktor psikologis berupa mirip minat, kecerdasan, bakat serta minat, kecerdasan / IQ dan  motivasi dan  prestasi.

Tujuan mengajarkan Al Quran untuk anak usia dini di antaranya yaitu :

  • Memantapan membaca ¬†yang sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan, dan ¬†menghafal ayat-ayat ataupun surah-surah yg simpel bagi mereka
  • Mampu menenangkan jiwa
  • Kesanggupan pada menerapkan ajaran agama islam
  • Mampu menyelaraskan jiwa pada problem kehidupan sehari-hari
  • Kemampuan memperbaiki tingkah laku anak-anak
  • Menumbuhkan rasa cinta serta keagungan isi dari alquranul karim.

Untuk mencapai berbagai tujuan tersebut, maka Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun melaksanakan kegiatan membaca, menulis dan menghafal Al Quran. Guna memberikan pembelajaran mengenai Al Quran, sekaligus pemahaman yang lebih dalam mengenai kitab suci umat muslim tersebut.

Insya Allah, dengan adanya kegiatan membaca, menulis dan menghafal Al Quran, para santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun dapat menjadi generasi muda qurani yang bermanfaat bagi masyarakat, keluarga serta negeri tercinta.

[ Baca Rekomendasi Bagi Anda : Penerbit Alquran ]

Scroll to Top