Mengasah Kemandirian Santri Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin

Mengasah Kemandirian Santri Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin

BADANWAKAF.COM, Mengasah Kemandirian Santri Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin

Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8 senantiasa melaksanakan berbagai macam program serta kegiatan positif. Berbagai program dan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wadah bagi para santri agar dapat mengasah kreativitas hingga kemandirian para santri. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, mengaji, mengahafal Al Quran, puasa bersama dan lain sebagainya. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan demi kebaikan para santri kini dan masa depan.

[ Baca Juga Artikel : Dibalik Kesulitan Ada Kemudahan ]

Tahukah Sahabat Bawais? Kemandirian sangat penting dikembangkan pada anak usia dini agar menjadi individu yang mampu melakukan semua kegiatan dengan kemampuan dirinya sendiri tanpa campur tangan dari orang lain, inisiatif dalam menyelesaikan masalah, penuh ketekunan, dan memperoleh kepuasan dari usahanya sendiri. Dan salah satu ikhtiar Asatidz untuk mengasah kemandirian Santri Yatim Penghafal Quran di Pondok adalah dengan mengatur jadwal piket bagi setiap Santri. Seperti yang terlihat pada (05/10/2022), para santri melaksanakan piket dengan baik di Pondok Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Selain menciptakan lingkungan Pondok Pesantren yang bersih, piket juga memberikan dampak positif lainnya, seperti belajar gotong royong dengan teman satu jadwal piket di Pondok, juga menanamkan adanya rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar Pondok. Insya Allah, dengan adanya jadwal piket, para santri dapat lebih rajin lagi untuk membersihkan lingkungan serta mencintai kebersihan tentunya.

Mulai dari bersih-bersih, menyapu, mengepel dan lainnya pun senantiasa para santri laksanakan. Dengan penuh semangat, para santri melaksanakan piket sesuai dengan jadwalnya masing-masing. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh para santri saat piket yaitu mencuci piring bekas makan bersama. Namun, bukan hanya mencuci piring setelah makan siang, tapi sebagian Santri pun membereskan asrama hingga membersihkan kamar mandi bersama.

Masya Allah Tabarakallah, sungguh luar biasa ya kegiatan para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Bagaimana dengan Sahabat Bawais? Apakah sudah melaksanakan pekerjaan rumah hari ini? Yuk, bersama-sama kita bantu pekerjaan rumah agar Ayah dan Bunda di Rumah pun dapat lebih ringan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka!

[ Kunjungi Rekomendasi : Penerbit Alquran Custom ]

Scroll to Top