Mau Si Kecil Jadi Penghafal Al Quran? Berikut Ini Caranya!

BADANWAKAF.COM, Mau Si Kecil Jadi Penghafal Al Quran? Berikut Ini Caranya!

Kitab suci Al Quran merupakan pedoman hidup bagi umat muslim dan kitab ini juga telah dijamin kemurniannya hingga akhir zaman. Sebagai orang tua, tentunya menginginkan si Kecil menjadi penghafal Al Quran, bukan? Selain mendapatkan pahala bagi si Kecil itu sendiri, juga akan memberikan mahkota bagi orang tua di Surga kelak, loh! Berikut beberapa cara mendidik si Kecil agar menjadi penghafal Al Quran!

[ Kunjungi Rekomendasi : Penerbit Al Quran ]

1. Membiasakan si Kecil Berinteraksi dengan Al Quran sejak dalam Kandungan

Mengenalkan Al Quran kepada si Kecil bahkan bisa dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan Bunda. Pada masa ini, si Kecil yang dibacakan Al Quran akan merasa tenang. Setelah si Kecil lahir ke dunia, ia juga sudah terbiasa dengan lantunan ayat-ayat Al Quran di rumah.

2. Mengajarkan si Kecil Berbicara dengan Kalimat-Kalimat Al Quran

Akan sangat bijaksana jika si Kecil diperkenalkan kalimat-kalimat tayyibah seperti basmalah, tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir karena kalimat tersebut merupakan ucapan positif yang baik untuk perkembangan si Kecil. Mengajarkan si Kecil berbicara dengan kalimat-kalimat tersebut  juga berfungsi sebagai pengenalan bahasa Arab sekaligus bahasa Al Quran kepada si Kecil.

3. Mengajarkan si Kecil Membaca Al Quran Sejak Dini

Usia 3 sampai 4 tahun saat si Kecil sudah bisa berbicara, maka mulailah untuk mengajarkan hafalan Al Quran. Diawali dengan surah-surah pendek dan secara bertahap beralih kepada surah-surah yang lain. Bersamaan dengan itu, ajarkan pula agar ia dapat membaca Al Quran secara mandiri. Banyak metode yang bisa digunakan. Salah satu yang populer yaitu metode Iqro’.

4. Memutar Kaset atau Rekaman Tilawah di Rumah

Ketika di rumah, sambil bermain atau melakukan aktivitas lain, hendaknya diputarkan lantunan ayat-ayat Al Quran untuk didengarkan si Kecil. Hal ini bertujuan untuk membiasakan ia menyimak bacaan Al Quran, mengajarkan irama membaca, sekaligus membantu si kecil mengulangi hafalannya.

5. Bimbinglah Selalu si Kecil agar Tetap Istiqamah Menghafal Al Quran

Pada masa pertumbuhan, tuntunlah si Kecil untuk istiqamah menghafal dan menerapkan tuntunan Al Quran dan sunah nabi dalam kehidupan. Jaga mereka dari perbuatan buruk dan nasihati apabila mereka tergelincir melakukan kesalahan. Bantu mereka menjadi teman menghafal bersama, jangan sampai hafalan Al Quran yang sudah ada selama ini hilang dari ingatan karena tidak diulang-ulang dan ditinggalkan.

[ Baca Juga Artikel : Ekspedisi Sebar Wakaf Quran Pelosok Jawa Barat Kembali Dilaksanakan ]

Scroll to Top