Doa Di Malam Jumat Yang Dapat Sahabat Bawais Amalkan!

BADANWAKAF.COM, Doa Di Malam Jumat Yang Dapat Sahabat Bawais Amalkan!

Sahabat Bawais, apa saja yang biasa Sahabat lakukan saat malam jumat? Jika hanya melakukan kegiatan yang itu-itu saja, lebih baik kita panjatkan doa yang Insya Allah akan diijabah oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa bacaan doa malam Jumat yang bisa Sahabat Bawais panjatkan!

1. Doa Memohon Pengampunan Dosa

Doa malam Jumat pertama yang sangat dianjurkan untuk dipanjatkan adalah doa memohon pengampunan dosa. Sahabat dianjurkan untuk membacakan doa ini sebanyak 7 kali di malam Jumat. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW dijelaskan bahwa jika seseorang membacanya sebanyak 7 kali dan meninggal pada malam tersebut, maka ia akan masuk ke surga.

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

[ Kunjungi Rekomendasi : Alquran Besar ]

2. Salawat Nabi

Selain doa memohon penghapusan dosa, di malam Jumat sangat dianjurkan untuk membaca Salawat Nabi dengan bunyi:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) sholawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.”

3. Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain bagus untuk memanjatkan doa guna mendapatkan berkah yang melimpah, di malam Jumat juga sangat dianjurkan untuk mendoakan orang-orang yang telah mendahului. Berikut ini susunan doa serta Tahlil yang dapat dipanjatkan untuk orang yang sudah meninggal.

  • Surat Al-Ikhlas (3 kali)
  • Surat Al-Falaq
  • Tahlil dan Takbir
  • Surat An-Nas
  • Tahlil dan Takbir
  • Awal Surat Al-Baqarah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. المّ. ذَلِكَ الكِتابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدَى لِلْمُتَّقِيْنَ. الَّذِيْنَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُونَ بِمَا اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَا اُنْزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالْاَخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ. اُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ، وَاُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ .

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Alif lam mim. Demikian itu kitab ini tidak ada keraguan padanya. Sebagai petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada kitab Al-Qur’an yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad SAW) dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya. Merekalah orang orang yang beruntung.”   

  • Surat Al-Baqarah ayat 163

وَاِلَهُكُمْ اِلَهٌ وَّاحِدٌ لاَ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ   

Artinya: “Dan Tuhan kalian adalah Tuhan yang maha esa. Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Dia yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

  • Ayat Kursi (Surat Al-Baqarah ayat 255)  
  • Istighfar (3 kali)
  • Tahlil 33 kali 
  • Shalawat Nabi
  • Tasbih

Itulah tadi beberapa doa yang dapat Sahabat Bawais panjatkan pada Malam Jumat. Yuk, jangan lupa amalkan malam ini juga!

[ Kunjungi Rekomendasi : Alquran Besar ]

Scroll to Top