Dari Shohibul Qurban untuk Para Santri dan Saudara-Saudara di Pelosok Desa

Dari Shohibul Qurban untuk Para Santri dan Saudara-Saudara di Pelosok Desa

Bandung, 02 Juli 2023. Dalam semangat memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, terhitung sejak Kamis 29 Juli 2023 lalu, Badan Wakaf Islam (BAWAIS) telah memulai pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang berlokasi di Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Kegiatan ini berhasil digelar dan berhasil mengundang perhatian banyak orang. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan dengan khidmat dan tertib ini Pesantren Al Hilal mengurbankan puluhan ekor sapi dan puluhan ekor domba di berbagai wilayah di Jawa Barat.

Sejak pagi hari setelah melaksanakan shalat Idul Adha, suasana di sekitar Pondok Pesantren Al Hilal dipenuhi oleh, santri pengurus dan warga sekitar yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan qurban. Para sukarelawan dan petugas dari pesantren pun dengan sigap mengatur dan mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran pelaksanaan qurban.

Kamis, Pesantren Al Hilal berhasil menyembelih sebanyak 10 ekor domba yang juga didistribusikan kepada para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin, masyarakat di wilayah pelosok Gunung Halu, Cibedug, serta beberapa Pondok Pesantren di wilayah Cililin.

Kegiatan kembali berlanjut pada Sabtu 01 Juli 2023, Pesantren Al Hilal 1 Cililin kembali menyembelih sejumlah hewan qurban titipan dari para Shahibul Qurban. Beberapa di antara hewan-hewan qurban adalah atas nama donatur yang telah menitipkan qurbannya di Pesantren Al Hilal salah satunya Teh Citra Kirana dan Kang Rezky Aditya.

Sedangkan sebagiannya lagi adalah hewan qurban dari hasil pengumpulan sedekah qurban dari para donatur yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan yang penuh berkah ini. Kemudian hewan tersebut juga disembelih atas nama anak-anak yatim Pesantren Al Hilal.

Sebelum pembagian daging qurban, terlebih dahulu dilakukan proses penyembelihan yang dilakukan oleh para tukang sembelih (jagal) yang telah berpengalaman, yang juga merupakan tokoh-tokoh warga sekitar Cililin. Proses penyembelihan pun dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip keagamaan dan kebersihan yang ditetapkan dalam agama Islam.

Setelah proses penyembelihan selesai, daging kemudian dibagikan kepada para penerima manfaat di antaranya para santri, masyarakat sekitar, dan saudara-saudara di pelosok desa yang membutuhkan. Penyembelihan ini pun berlangsung di,

  • Pesantren Al Hilal 1 Cililin, Jalan Bonceret Rt 01 Rw 08 Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin, Waduk, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Tak hanya di Pesantren Al Hilal 1 Cililin saja, Pesantren Al Hilal pun menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban di dua daerah lainnya yakni:

  • Graha Bukit Raya, Ngamprah, Cilame, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasir Biru, Jalan Manisi Samping Perumahan Rausseun, Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat

Melalui kegiatan ini, Pondok Pesantre Al Hilal berusaha mewujudkan nilai-nilai keagamaan dan kepedulian sosial yang menjadi bagian yang paling penting.

Semoga melalui kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi Pesantren Al Hilal beserta para donatur lainnya agar dapat semakin luas menebar manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar dan menjadi salah satu momen yang memperkuat tali silaturahmi antar umat islam. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Jazakumullahu khairan katsiran orang-orang baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top