Inilah 12 Amalan Sunnah Di Bulan Muharram, Wajib Tahu!

BADANWAKAF.COM, Inilah 12 Amalan Sunnah Di Bulan Muharram, Wajib Tahu!

Bulan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, maka dari itu Rasulullah SAW mengajarkan amalan untuk dilaksanakan di bulan yang mulia tersebut.

Amalan Muharram sendiri artinya melaksanakan perbuatan baik yang mana jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan jika tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Baca Juga : Penerbit Alquran

Keutamaan amalan sunnah bulan Muharram adalah untuk menyempurnakan ibadah sebagai muslim. Untuk mempermudah ingatan, Syekh Abdul Hamid menuangkan 12 amalan bulan Muharram sesuai sunnah ke dalam sebuah nadham, yang artinya:

“Ada sepuluh amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al-Ikhlas 1.000 kali.”

Inilah 12 Amalan Sunnah Di Bulan Muharram, Wajib Tahu!

Hal ini bisa dilakukan sejak memasuki 1 Muharram 1444 Hijriah atau Tahun Baru Islam 2022 yang jatuh pada 30 Juli 2022. Berikut 12 amalan bulan Muharram sesuai sunnah:

1. Menunaikan sholat

Menunaikan sholat terdiri atas sholat yang wajib maupun memperbanyak sholat sunnah.

2. Berpuasa

Puasa Muharram merupakan puasa yang banyak dilakukan umat setelah puasa Ramadan. Puasa Muharram juga lebih utama dari puasa di bulan Syakban yang juga sering diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam menjalani puasa Muharram, tidak ada patokan khusus harus berapa hari. Artinya, puasa bisa dilakukan hanya sehari, dua hari, tiga hari, sampai sepanjang bulan Muharram jika tidak memberatkan umat.

Namun, ada hari-hari utama untuk berpuasa di bulan Muharram, yaitu puasa Tasua pada 9 hari pertama atau 9 Muharram, puasa Asyura pada 10 hari pertama atau 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh pada 13-15 hari pertama atau 13-15 Muharram.

3. Silaturahmi

Amalan sunnah yang juga diajarkan Rasulullah adalah bersilaturahmi. Silaturahmi bisa dilakukan kepada keluarga maupun kerabat.

4. Bersedekah

Rasulullah juga mengajarkan amalan bersedekah pada bulan Muharram. Hendaknya umat memperbanyak sedekah pada bulan ini.

Baca Juga : Penerbit Alquran

5. Mandi

Amalan sunah bulan Muharram selanjutnya adalah mandi, khususnya menjelang puasa Asyura. Selain bertujuan untuk membersihkan diri, mandi saat 10 Muharram ini punya keutamaan yaitu untuk terbebas dari penyakit selama satu tahun.

6. Memakai celak mata

Bagi perempuan, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menggunakan celak mata atau eyeliner. Bahkan Rasulullah pernah menganjurkan memakai celak, berikut bunyi hadis yang artinya:

“Bercelaklah dengan itsmid, karena ia dapat menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu (mata)” (HR At Tirmidzi)

7. Berziarah

Ziarah kubur pada bulan pertama Tahun Baru Islam tidak hanya dilakukan kepada keluarga, namun juga kepada ulama.

8. Menjenguk orang sakit

Rasulullah mengajarkan amalan sunah untuk menjenguk orang sakit pada bulan Muharram. Tak lupa juga untuk mendoakan kesembuhan baginya.

9. Menambah nafkah keluarga

Bagi kepala keluarga, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menambah nafkah keluarga.

10. Memotong kuku

Bila jelang Idul Adha, umat tidak dianjurkan memotong kuku, sebaliknya pada bulan Muharram justru disunnahkan.

11. Mengusap kepala anak yatim

Mengusap kepala anak yatim dapat diartikan sebagai bentuk silaturahmi kepada mereka sekaligus membantu mengurus mereka.

12. Membaca Surah Al-Ikhlas

Amalan bulan Muharram sesuai sunah terakhir adalah membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

Baca Juga : Penerbit Alquran

Scroll to Top